Koneksikan Indonesia dan Jepang, Komunitas APUINA Bagikan Pengalaman Belajarnya di Jepang Kepada Adik Bintang Hoshizora Foundation Lewat Kegiatan “APUINA Siap Mengajar”

siap mengajar apuina

Yogyakarta – Mengawali minggu pertama di bulan September, Hoshizora Foundation kembali menyambut tamu spesial dari Komunitas Mahasiswa Indonesia Asia Pacific University (APU) atau lebih akrab dikenal sebagai APUINA. Lewat kegiatan bertajuk “APUINA Siap Mengajar 2024”, para mahasiswa Indonesia yang berkuliah di Asia Pasific University membagikan pengalamannya tentang hidup di negeri sakura dan berbagi pengetahuan seputar bahasa Jepang. Kegiatan yang berlangsung di Museum Sandi Yogyakarta ini dihadiri oleh 34 Adik Bintang (sebutan untuk penerima beasiswa di Hoshizora Foundation) jenjang SMP. Rangkaian kegiatan yang dilaksanakan diantaranya, belajar menulis dengan huruf katakana, fun games, serta bertukar surat semangat. Seluruh Adik Bintang yang hadir terlibat aktif dan antusias untuk mengetahui lebih dalam tentang pengalaman bersekolah di luar negeri serta bagaimana hidup di negara lain. 

APUINA Siap Mengajar Jadi Wadah Inspiratif Bagi Adik Bintang 

Kegiatan bertajuk APUINA Siap Mengajar 2024 merupakan program kerja APUINA berkolaborasi bersama program community visit Hoshizora Foundation yang bertujuan untuk menginspirasi dan memotivasi para Adik Bintang. Lewat kunjungan  komunitas mahasiswa Indonesia yang berkuliah di Asia Pasific University Jepang ini, Adik Bintang diajak untuk berkegiatan selama setengah hari penuh di Museum Sandi Yogyakarta dengan beragam rangkaian kegiatan yang menarik, inspiratif dan menyenangkan. 

Acara dimulai dengan sesi perkenalan yang memberikan kesempatan bagi Adik Bintang dan anggota komunitas APUINA untuk saling mengenal dan membangun kedekatan. Setelah berkenalan satu sama lain, Adik Bintang diajak untuk belajar menulis nama masing-masing menggunakan aksara Jepang ‘katakana’ dengan panduan dan bimbingan dari anggota komunitas APUINA. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan dan meningkatkan wawasan kebahasaan Adik Bintang.

Selesai belajar menulis katakana, Adik Bintang mendapatkan kejutan hangat dari anggota komunitas APUINA yang telah menyiapkan surat semangat untuk Adik Bintang. Surat ini diberikan kepada Adik Bintang sebagai bahan bakar untuk selalu bersemangat dalam menggapai mimpi setinggi-tingginya. Dalam sesi ini juga, anggota komunitas APUINA membagikan pengalamannya selama menuntut ilmu di Jepang kepada Adik Bintang. Tak lupa, mereka juga memberikan tips kepada Adik Bintang mengenai cara bertahan hidup di negara lain dan kiat-kiat belajar dengan tekun untuk meraih impian. 

Keseruan Adik Bintang Bermain Fun Games Yang Memicu Semangat 

Tak hanya sampai disitu, puncak keseruan acara pun tiba saat sesi fun games diadakan. Dalam sesi ini, Adik Bintang diajak melakukan aktivitas di luar ruangan dengan berbagai permainan yang terbagi menjadi beberapa pos permainan. Adik Bintang yang sudah terbagi menjadi 6 kelompok, ditantang untuk mengumpulkan poin dari setiap pos permainan. Kelompok dengan poin terbanyak akan menjadi pemenang. Dalam sesi ini, Adik Bintang terlihat sangat antusias dan bersemangat untuk menjalankan setiap tantangan yang diberikan melalui permainan. 

Setelah dibakar semangatnya melalui fun games, acara masuk ke dalam sebuah sesi hangat. Adik Bintang diajak untuk beristirahat sejenak dengan menulis surat semangat balasan untuk anggota komunitas APUINA yang telah mengajak Adik Bintang berkegiatan. Dalam sesi ini, perwakilan Adik Bintang juga dipersilahkan untuk membacakan suratnya di hadapan seluruh peserta kegiatan. Sesi ini juga diikuti oleh penyampaian kesan dan pesan dari Adik Bintang yang mengungkapkan apresiasi mereka terhadap kegiatan yang dilakukan. 

“Seneng banget hari ini bisa ketemu Kakak-Kakak dari APUINA, Kakak- kakaknya ramah dan sopan. Kegiatannya juga menarik. Pokoknya seru banget! momen paling berkesan adalah ketika game tanya jawab.” ujar David sebagai salah satu Adik Bintang yang membagikan kesannya saat diwawancarai oleh tim Hoshizora. Terakhir, acara ditutup dengan pengumuman pemenang lomba fun games dan berfoto bersama. 

Ke depannya, Hoshizora Foundation sebagai lembaga yang mendukung akses pendidikan anak Indonesia melalui pembentukan ekosistem pendidikan yang layak, dapat menjadi wadah masyarakat di Indonesia untuk melakukan gerakan kebaikan di bidang pendidikan. Hoshizora Foundation juga berharap dapat terus terkoneksi dengan komunitas lain untuk membentuk kekuatan yang lebih besar lagi dalam membangun ekosistem pendidikan yang layak bagi anak-anak Indonesia.  

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *