Hoshizora Foundation Antarkan 236 Penerima Beasiswa Lulus SMA di 2024

Hoshizora Foundation menggelar Hoshizora Graduation 2024 untuk merayakan kelulusan 236 Adik Bintang (sebutan untuk penerima beasiswa di Hoshizora Foundation) dari berbagai wilayah Indonesia. Digelar secara virtual pada tanggal 19 Mei 2024, perayaan kelulusan ini secara resmi melepas Adik Bintang yang telah menyelesaikan pendidikannya hingga jenjang SMA/K sederajat dan selesai dalam menerima Beasiswa Mimpi Anak Negeri. 

Beasiswa Mimpi Anak Negeri sendiri merupakan beasiswa pendidikan di Hoshizora Foundation yang diberikan kepada Adik Bintang sejak jenjang SD hingga lulus SMA oleh Kakak Bintang (sebutan untuk donatur pemberi beasiswa). Lulus dari Beasiswa Mimpi Anak Negeri menandakan Adik Bintang telah lulus belajar 12 tahun pula. 

Selain seremoni kelulusan, acara Hoshizora Graduation 2024 juga diisi dengan kegiatan pengembangan kapasitas bagi Adik Bintang yang siap menyongsong jenjang lebih tinggi setelah lulus SMA sederajat. Sebagaimana tema yang diangkat yaitu “Growth Mindset untuk Menghadapi Tantangan Abad 21”, acara kelulusan ini diharapkan dapat memantik daya pikir Adik Bintang tentang growth mindset untuk menghadapi tantangan setelah lulus di jenjang SMA, baik ketika melanjutkan pendidikan tinggi atau terjun ke dunia pekerjaan. 

Melalui sambutannya, Yudi Anwar selaku Direktur Eksekutif Hoshizora Foundation mengingatkan Adik Bintang bahwa perjalanan masih sangat panjang sehingga penting untuk memanfaatkan kesempatan saat ini untuk berjejaring, mencari pengalaman baru, dan jangan menyerah dalam menggapai mimpi. Dalam menghadapi tantangan, Adik Bintang juga didorong untuk memiliki resiliensi yang tinggi, mimpi besar, dan kepedulian yang tinggi. 

Seremoni Wisuda Dikemas Dengan Sesi Motivational Sharing dan Talkshow

Sesi motivational sharing dengan tema “Growth Mindset untuk Menghadapi Tantangan Abad 21” dibawakan oleh Intan Nisaaul Chusna, yaitu founder dari Growth Mindset Perempuan Indonesia. Adik Bintang diajak untuk berbagi cerita mengenai ketakutan-ketakutan mereka setelah lulus. Kebanyakan Adik Bintang takut bila nanti mereka akan kesulitan beradaptasi dan takut bila kehidupan kuliah atau pekerjaan tidak sesuai ekspektasi. Dari situ, Kak Intan memotivasi Adik Bintang untuk berani dan tidak merasa ketakutan, terutama akan sesuatu yang belum terjadi karena hal tersebut akan menghambat mereka untuk berkembang. 

Selain mengajak bercerita, Kak Intan juga membagikan tips dan pengalamannya dalam menghadapi ketakutan tersebut. Salah satunya yaitu memiliki growth mindset. Growth mindset ini sangat penting ditanamkan untuk Adik-adik Bintang yang baru saja lulus agar Adik Bintang dapat memiliki rencana untuk masa depan, menikmati proses, tidak takut gagal, memiliki pengetahuan yang banyak, dan juga memiliki jaringan serta pertemanan yang luas. Dengan demikian, Adik-adik Bintang diharapkan dapat semakin siap menghadapi tantangan di masa depan. Di akhir kata, Kak Intan juga berpesan bahwa “Waktu tak akan pernah menunggu. Kejar semua impianmu, raih semua cita-citamu, dengan doa dan usaha. Jangan hanya diam”. 

Selain Adik Bintang, acara ini juga dihadiri oleh para wali bintang, kakak bintang, alumni Hoshizora, serta partner Hoshizora yang turut memberikan dukungan dan apresiasi untuk Adik Bintang. Salah satu Kakak Bintang yang hadir menjadi pembicara di sesia talkshow yaitu Nanda Yunika Wulandari, M. Psi., Psikolog. 

Mengangkat topik talkshow “Beyond Dreams: Mencari Inspirasi Di Balik Perjalanan Meraih Mimpi”, Nanda membagikan cerita inspiratifnya dalam meraih mimpinya untuk memajukan pendidikan di Indonesia. Nanda sendiri merupakan seorang Psikolog Pendidikan sekaligus Kakak Bintang Hoshizora Foundation. Nanda bercerita tentang bagaimana ia memilih jurusan kuliah hingga meraih mimpinya untuk berkontribusi dalam dunia pendidikan, lalu mengajak Adik Bintang untuk selalu bermimpi dan membuat mimpi itu kenyataan, meski banyak tantangan dalam prosesnya. Nanda juga menyebutkan bahwa mimpi juga akan selalu dinamis dan terus ada sehingga apabila salah satu mimpi sudah teraih, maka akan ada mimpi lagi yang perlu dikejar. 

Rumah Alumni Siap Menyambut Adik Bintang Yang Telah Lulus

Melalui Hoshizora Graduation 2024, Hoshizora tidak hanya mengapresiasi dan merayakan kelulusan Adik Bintang dari jenjang SMA dan SMK, tetapi juga membekali Adik Bintang untuk jenjang selanjutnya. Pasca perayaan kelulusan ini, Adik Bintang secara resmi telah berganti status menjadi Alumni Bintang, yaitu sebutan untuk Adik Bintang yang telah menyelesaikan program beasiswa dan pendidikannya. 

Dukungan Hoshizora tidak berhenti sampai status mereka sebagai Adik Bintang saja, namun selama mereka menjadi Alumni Bintang di bawah naungan Rumah Alumni. Di bawah program Alumni Engagement, Rumah Alumni yang dikelola oleh Hoshizora Foundation ini mendampingi para lulusan ini dengan berbagai kegiatan seperti Siap Kuliah, Siap Kerja, Siap Daftar Beasiswa, hingga gathering Alumni Bintang. Harapannya, Hoshizora dapat terus memberikan dukungan kepada anak-anak Indonesia hingga mereka bisa berdiri secara mandiri dan siap menyongsong masa depan mereka yang lebih baik kedepannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *